Memeriksa Kebocoran Refrigerant dengan Kompor Nyala Api Spritus

12:47 PM
Melakukan Pemeriksaan Kebocoran Refrigerant/Freon dengan Kompor Nyala Api Spritus - Memeriksa kebocoran freon pada sistem ac mobil dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti dengan busa sabun, ac leak detector dan nyala kompor api spritus.

Ac mobil yang terjadi kebocoran refrigerant akan membuat freon atau refrigerant ini kurang, sehingga akan membuat ac mobil kurang dingin bahkan tidak dingin. Selain refrigerant yang kurang ada beberapa penyebab lainnya, untuk mengetahui yang lainnya dapat baca artikel yang berjudul Penyebab ac mobil tidak dingin.

Menggunakan alat elektronik ac leak detector (pengetas kebocoran ac) merupakan cara yang paling mudah dan tepat, tetapi harga untuk membeli alat ini relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan yang lainnya. Menggunakan ac leak detector apabila terjadi kebocoran refrigerant, maka frekuensi bunyi semakin cepat, dan disana juga ada indikator berupa lampu, yang mana apabila terjadi kebocoran lampu tersebut akan menyala semua.

Gambar kompor nyala api spritus

Berikut ini gambar dari kompor nyala api spritus, bagian-bagian dari alat ini juga bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Kompor nyala api spritus
Kompor nyala api spritur
Sedangkan apabila menggunakan kompor nyala api spritus apabila terjadi kebocoran refrigerant, nyala api akan membesar dan berubah warna dari biru menjadi kuning kemerah-merahan. Tes kebocoran dilakukan apabila refrigerant berkurang dalam jangka waktu yang tidak lama (semestinya), atau karena memang sudah diketahui terdapat kebocoran di dalam sistem ac.

Penggunaan kompor nyala api spritus ini seperti alat pengetes kebocoran pada umumnya, dekatkan dengan sambungan-sambungan instalasi pipa, dan tempat lainya yang paling sering atau mungkin terjadi kebocoran. Kemudia yang harus diperhatikan adalah posisi selang kontrol kompor harus didekatkan pada bagian bawah sambungan instalasi pipa yang akan dikontrol, karena freon akan ke bawah karena ada gaya gravitasi bumi. Seperti yang telah saya sebutkan di atas apabila terdapat kebocoran freon atau refrigerant, api akan menjadi besar dan warnanya berubah dari biru menjadi kuning kemerah-merahan.

Saya masih teringat pada waktu dulu pas ulangan harian dengan soal yang mempertanyakan perubahan api pada kompor nyala api spritus apabila terjadi kebocoran. Dulu saya sangat bingung dan tidak tahu apa-apa. Tetapi sekarang, saya mengetahuinya dari salah satu modul yang diberikan oleh teman saya. Kemudian saya bagikan aja kepada anda semua. Siapa tahu ada yang membutuhkan informasi singkat ini.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »