Macam-macam Susunan Silinder dan Contoh Mobilnya

6:51 AM
Macam-macam Susunan Silinder Mesin - Pada kendaraan jenis mobil, terdapat beberap jenis susunan silinder. Maksud dari susunan silinder ini adalah bagaimana caranya silinder itu disusun, apakah segaris, atau berbentuk v atau secara horizontal. Pada umumnya susunan silinder tipe segaris atau in line merupakan susunan silinder yang paling banyak digunakan pada kendaraan saat ini, dari kendaraan komersil (penumpan) sampai dengan kendaraan niaga. 

Sementara itu untuk susunan silinder tipe v dan horizontal, biasa digunakan pada kendaraan yang ber cc besar atau super car (mobil sport). Nah, untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan berikut ini :

1. Susunan silinder tipe sebaris (In line)

Sususan silinder tipe ini bahasa inggrisnya adalah tipe in line, dimana silinder-silinder disusun dalam satu baris. Bila belum paham bisa melihat gambar dibawah ini. Susunan silinder tipe ini memiliki beberapa karakteristik (keuntungan dan kelebihan) yaitu :
  • Konstruksi sederhana
  • Tak banyak getaran
  • Perawatan mudah
  • Bila jumlah silinder lebih dari 4 konstruksi terkesan panjang
  • Keseimbangan getaran jelek jika jumlah silinder kurang dari 4
Contoh mobil yang menggunakan mesin tipe sebaris sangat banyak, dapat kita temui dilingkungan kita seperti Toyota avanza, daihatsu xenia, toyota kijang, suzuki ertiga dll.

2. Susunan silinder tipe v

Seperti yang saya katakan diatas, susunan silinder tipe ini biasa digunakan pada mobil-mobil sport atau mobil-mobil yang memiliki cc besar. Produsen terkenal yang sering mengeluarkan mobil dengan susunan silinder v ini seperti Ferrari, Lambhorghini, Phrsche dll. Susunan silinder tipe v ini sangat cocok digunakan pada mesin yang jumlah silindernya banyak, hal ini dikarenakan bila jumlah silindernya banyak tetapi menggunakan susunan silinder tipe in line maka akan memakan bayak tempat (panjang), berbeda jika dengan tipe v. Maka akan lebih irit tempat dan kontruksinya dapat lebih pendek. Susunan yang satu ini memiliki karakteristik tersendiri yaitu :
  • Konstruksi pendek untuk silinder banyak
  • Poros engkol sederhana ( dua batang torak pada satu pena )
  • Perlu 2 kolektor gas buang
  • Keseimbangan getaran lebih buruk dari motor sebaris
Contoh mobil yang menggunakan susunan silinder tipe "v" = Lexus LFA, Lamborghini Aventador, Ferrari F12 Berlinetta, Dodge Challenger SRT Hellcat, Mercedes Benz SLS AMG Black Series, Aston Martin V12 Vantage S, dll.

Susunan silinder mesin
Susunan silinder mesin

3. Susunan silinder tipe horizontal berlawanan / boxer / tipe tidur / flat

Susunan silinder tipe horizontal berlawanan ini disebut juga dengan mesin flat, mesin ini merupakan mesin yang mana pistonnya bergerak secara horizontal, dan dibagi menjadi dua sisi yang berlawanan, misal kalau terdiri dari 4 silinder, maka 2 silinder di sisi sebelah kanan, dan 2 silinder lainnya disebelah kiri. Konsep susunan silinder ini ditemukan oleh ilmuwan asal jerman yang bernama Karl Benz pada tahun 1896. Kemudian untuk karakteristik susunan silinder tipe ini adalah :
  • Konstruksi pendek dan rendah
  • Keseimbangan getaran lebih baik dari lainnya
  • Perlu 2 kolektor gas buang
  • Saluran isap panjang jika hanya satu karburator
Contoh mobil yang menggunakan susunan silinder tipe boxer / flat = Porsche 991 GT3

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »