Fungsi Expansion Valve pada AC Mobil

7:45 PM
Fungsi Expansion Valve pada AC Mobil - Fungsi air conditioner pada kendaraan adalah sebagai penyejuk udara di dalam ruangan. Komponen dari sistem ac terdiri dari kompresor, kondensor, receiver/dryer, katup ekspansi dan evaporator, dll. Komponen utama yang pertama adalah Kompresor, kompresor merupakan salah satu komponen utama dalam sistem yang memiliki peran untuk mensirkulasikan refrigerant ke seluruh sistem sirkulasi ac.

Komponen yang kedua adalah kondensor. Sesuai dengan namanya komponen ini bekerja agar zat pendingin mengalami kondensasi atau berubah wujud dari gas menjadi cair, caranya adalah dengan mendinginkan freon. Kondensor pada ac mobil umunya letaknya adalah pada bagian depan kendaraa, dekat dengan radiator.

Komponen yang ketiga dari sistem ac yaitu receiver/dryer. Komponen yang satu ini fungsinya adalah untuk menyaring refrigerant dari kotoran dan uap air. Dan komponen yang selanjutnya adalah evaporator yang mana fungsinya adalah kebalikan dari kondensor.

Kira-kira komponen apa yang belum saya bahas diatas? Ya, expansion valve. Katup ekspansi atau expansion valve jika berdasarkan sirkulasi refrigeran berada setelah receiver/dryer dan sebelum evaporator. Freon akan melewati katup ekspansi ini terlebih dahulu baru kemudian menuju evaporator. Nah, untuk mengetahui fhttps://www.blogger.com/blogger.g?blogID=4944869137907147520#editor/target=post;postID=5888959266484694810;onPublishedMenu=posts;onClosedMenu=posts;postNum=117;src=linkungsi-fungsi komponen ac secara detail, bisa baca pada artikel yang sudah saya publikasikan sebelumnya, disini :

Fungsi Expansion Valve (Katup Ekspansi)

Menurunkan tekanan zat pendingin (refrigerant) menyebapkan refrigerant berubah wujud dari cair menjadi uap jenuh sehingga refrigerant mudah menyerap panas dan menguap di sekeliling evaporator.
Katup ekspansi ini dipasangkan pada saluran masuk evaporator (menjadi satu unit). Katup ekspansi terdiri dari beberapa macam :
  1. Katup ekspansi dengan kontrol temperatur
  2. Katup ekspansi dengan kontrol tekanan dan temperatur
  3. Katup ekspansi tipe blok
Ketiga macam katup ekspansi diatas, sudah saya jelaskan secara khusus di artikel sendiri, untuk membacanya silahkan langsung saja klik linknya, nanti akan dibawa ke artikel yang membahas masing-masing jenis katup ekspansi. Dan berikut ini merupakan kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur.
kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur
kontruksi dari expansion valve dengan kontrol temperatur
Saya kira sudah cukup sampai sekian, kita sambung hari kemudian dengan penjelasan masing-masing macam katup ekspansi. Walaupun singkat tetapi saya yakin artikel ini bermanfaat bagi orang yang ingin mencari informasi tentang fungsi expansion valve pada ac mobil. Bila ada yang salah terkait konten diatas bisa menghubungi saya melalui halaman contact.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
January 9, 2016 at 11:36 AM delete

Kalo katup untuk mengeluarkan gas ke udara secara otomatis karena aa tekanan dari dalam katup apa ya

Reply
avatar