Fungsi Evaporator pada AC Mobil

6:35 AM
Fungsi Evaporator pada Sistem AC -  Ac atau air conditioner merupakan suatu sistem yang terdapat pada kendaraan yang memiliki fungsi sebagai penyejuk udara di dalam ruangan mobil. Komponen dari ac mobil yaitu kompresor, kondensor, receiver/dryer, katup ekspansi dan evaporator. Sementara itu terdapat juga komponen lainnya seperti blower, kopling magnet, dan lain sebagainya.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa salah satu komponen utama dari sistem air conditioner mobil adalah evaporator. Pada kesempatan ini saya ingin membahas tentang evaporator ini. Di bawah ini adalah gambar evaporator ac mobil, fungsi dari evaporator adalah kebalikan dari kondensor. Jika kondensor berfungsi sebagai pendingin freon/refrigerant. Sedangkan evaporator ac mobil ini adalah sebagai berikut.

Fungsi Evaporator pada AC Mobil
Fungsi Evaporator pada AC Mobil

Fungsi Evaporator pada Sistem Air Conditioner Mobil

Berfungsi untuk mengambil (menyerap) panas di sekelilingnya/sekitarnya, panas ini kemudian diserap oleh refrigerant, menyebapkan refrigerant menguap.
Di belakang evaporator terdapat blower yang menghembuskan udara ke arah evaporator. Udara ini melalui sirip-sirip evaporator. Didalam evaporator, refrigerant akan menyerap panas udara yang melewati evaporator jni. Jadi panas dari udara akan berpindah ke evaporator, kemudian baru ke refigerant.

Karena refrigerant menyerap panas maka refrigerant akan menguap karena menyerap panas, dan udara yang dihembuskan oleh blower dan diserap panasnya oleh evaporator, suhunya akan turun (dingin). Udara dingin inilah yang keluar dari ac, dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk/dingin.

Ada beberapa masalah yang sering terjadi di evaporator ini, sebagai contoh adalah kebocoran pada evaporator. Baca artikel berikut ini tentang penyebab kebocoran evaporator. Sebelumnya sudah saya jelaskan tentang kebocoran pada evaporator ini, dan setidaknya ada 4 penyebab utama terjadi kebocoran pada evaporator yaitu :
  • usia pakai
  • kurang perawatan
  • tekanan refrigerant terlalu tinggi
  • tidak menggunakan filter ac

Selain itu juga pada evaporator juga bisa terdapat kotoran yang menempel, yang mana akan membuat ac mobil bau.

Kira-kira ada yang kurang tidak ya? mungkin sudah cukup lah daripada panjang lebar yang penting sudah saya sampaikan tentang evaporator ini dengan jelas dan terperinci. Oke, mungkin ini sedikit tentang fungsi evaporator pada air conditioner mobil

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »