Fungsi dan Kontruksi Kondensor pada Sistem AC Mobil

12:42 PM
Kondensor pada Sistem AC Mobil - Salah satu komponen utama di sistem air conditioner mobil adalah kondensor. Namanya kondensor pasti tugasnya adalah untuk mengkondensasikan, atau dengan kata lain merubah suatu gas menjadi cair karena didinginkan suhunya. Jadi kondensor ini mempunyai kegunaan untuk mendinginkan refrigerant atau freon setelah melalui kompresor ac mobil yaitu kondensor.

Kondensor pada kendaraan atau mobil umumnya terletak di bagian depan kendaraan, lebih tepatnya berada di depan radiator. Mengapa kondensor diletakkan di depan radiator?

Tujuannya dari peletakan kondensor dibagian depan adalah agar efek pendinginannya lebih maksimal, karena apa? Karena kondensor didinginkan oleh aliran udara pada saat mobil berjalan maju.

Lalu kenapa kondensor diletakkan di depan radiator? Tujuannya adalah agar tidak menerima radiasi panas dari radiator, aliran udara kan dari depan melewati kondensor kemudian menuju ke radiator. Bila menerima radiasi panas dari radiator, tentu akan membuat efek pendinginannya kurang maksimal.

Untuk membantu pendinginan kondensor ini, beberapa kendaraan dilengkapi dengan kipas ac atau yang disebut dengan kipas kondensor. Kipas ini umumya di rangkai secara pararel dengan kopling magnet (magnetic clucth), sehingga apabila ac dihidupkan maka kipas ac ini otomatis juga akan bekerja.
Kondensor pada Sistem AC Mobil
Kondensor pada Sistem AC Mobil

Alur perubahan wujud dari freon/refrigerant dapat dilihat pada gambar diatas. Pada mulanya freon atau refrigerant yang berasal dari kompresor akan masuk ke dalam kondensor dalam bentuk gas, kemudian didinginkan dan menjadi uap dan selanjutnya semakin ke-bawah atau turun akan mengalami pengembunan (kondensasi). Pada saat ini freon berubah wujud menjadi cairan dengan temperatur sekitar 57 derajat celcius.

Kontruksi kondensor

Kontruksi dari kondensor ac mobil dapat dilihat pada gambar diatas, kondensor pada dasarnya terdiri dari kisi-kisi dan pipa, jika dilihat-lihat kondensor ini hampir mirip dengan radiator pada sistem pendingin mobil. Fungsinya pun sebenarnya juga sama, yaitu sebagai kompenen yang dignakan untuk mendinginkan.

Kondensor ac mobil ini terdiri dari pipa yang bentuknya adalah bulat. Dimana pipa-pipa ini dilengkungkan secara pararal dari awal sampai dengan akhir. Disekeliling pipa-pipa kondensor ini ditambah dengan kisi-kisi yang hampir mirip dengan yang terdapat pada radiator, ini bertujuan agar luas penampang bidang pendinginan semakin luas, sehingga refrigerant dapat didinginkan dengan optimal. Pendinginan yang optimal akan membuat refrigerant mengalami kondensasi dan perubahan wujud dari gas menjadi cair secara maksimal.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »