Fungsi Blower dan Kipas ac pada Sistem AC Mobil

11:35 AM
Fungsi Blower dan Kipas AC pada Sistem AC Mobil - Pada sistem ac mobil selain terdapat komponen utama seperti kompresor, kondensor dan juga evaporator, juga terdapat komponen lainnya seperti blower dan kipas ac yang juga memiliki peran penting dalam sistem air conditioner mobil.

Kipas ac oleh kebanyakan orang sering disebut dengan kipas kondensor. Dan pada umumnya kipas ini diparalel dengan magnetic clucth, sehingga ketika ac mobil difungsikan kipas kondensor ini akan berputar.

Lalu apasajakah fungsi dari dua komponen tersebut? Berikut ini kami merangkumnya dalam fungsi blower dan kipas ac pada sistem ac mobil.

Fungsi Blower

Pada sistem ac mobil blower ini berfungsi untuk menghembuskan udara ke arah evaporator, kemudian udara yang dihembuskan oleh blower ini akan melewati evaporator. Apabila ac dalam keadaan normal, maka udara yang melewati ini panasnya akan diserap oleh freon sehingga suhunya akan dingin dan keluar menuju ruangan kendaraan.

Fungsi Kipas AC

Fungsi dari kipas AC/air conditioner kipas kondensor adalah untuk menghembuskan udara ke arah kondensor untuk mendinginkan refrigerant. Sehingga refrigerant mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair.

Kontruksi kipas ac

Fungsi Blower dan Kipas ac pada Sistem AC Mobil
Fungsi Blower dan Kipas ac pada Sistem AC Mobil

Gambar di atas adalah gambar kontruksi dari kipas ac. Tidak semua mobil yang terdapat acnya menggunakan kipas ac ini, sebagian juga tidak ada. Tetapi kalau kipas radiator setiap mobil pasti ada.

Lihat juga : Komponen-komponen ac mobil

Bila kipas ac tidak berputar maka dapat membuat ac tidak dingin, selain itu juga dapat membuat tekanan refrigerant terlalu tinggi. Sementara itu kipas ac yang tidak berputar dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti sekering putus, motor kipas ac rusak, pengkabelan putus atau konsleting dan lain sebagainya. Bila ditemukan kerusakan pada sistem ac, maka harus segera diperbaiki agar ac mobil dapat segera bekerja normal.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »