Fungsi Air Conditioner (AC) Pada Kendaraan

2:28 AM
Bisaotomotif.com - Ketahui Fungsi Air Conditioner (AC) Pada Kendaraan - Kendaraan tanpa dilengkapi ac mungkin agak kurang nyaman, bila digunakan di siang hari yang panas atau pada saat hujan. Mengapa begitu, karena ac merupakan suatu sistem yang mengatur temperatur ruangan agar tetap pada temperatur yang nyaman. Apa sajakah fungsi ac mobil? Berikut kami sebutkan dan jelaskan :

Air Conditioner atau yang sering disingkat dengan AC ini merupakan suatu sistem yang ada pada kendaraan atau mobil yang memiliki peran untuk membuat temperatur atau suhu di dalam kabin mobil tersebut menjadi sejuk, sejuk disini dapat diartikan dengan dingin, nyaman, enak dan lain sebagainya. Ketika di siang hari yang mana pada umumnya suhu di dalam mobil akan terasa lebih panas, maka dengan menghidupan air conditioner ini udara yang suhunya panas ini akan diserap panasnya sehingga temperatur udara di ruangan tersebut akan menurun, ini merupakan fungsi ac sebagai pengontrol temperatur atau suhu.
 
Ketika di perjalanan dan turun hujan, maka udara didalam kendaraan akan lembab dimana akan membuat kondensasi atau adanya embun-embun pada kaca-kaca yang akan mengganggu pandangan/penglihatan pengumudi terhadap jalan. Kondensasi ini dapat dikurangi dengan menghidupkan ac, karena air conditioner akan mengurangi kelembaban dan mempertahankan suhu udara didalam ruangan pada tingkat yang menyenangkan, selain itu udara yang dikeluarkan oleh sistem ac merupakan udara yang benar-benar kering dan bersih. Jadi fungsi ac yang kedua adalah untuk mengontrol kelembaban di dalam kabin mobil.

Air Conditioner (AC)
Air Conditioner (AC)
Sistem air conditioner akan meniupkan udara yang telah melalui filter ac, oleh saringan ac ini udara akan dibersihkan dari kotoran, debu, partikulat dan lain sebagainya, sistem ac juga akan menjaga sirkulasi udara pada ruangan kabin kendaraan berjalan dengan baik. Ini merupakan fungsi yang ke-tiga dan ke-empat, yaitu mengontrol sirkulasi udara dan juga untuk memurnikan udara (purification). Lalu sebenarnya apa sih fungsi ac itu? Berikut ini kami sebutkan beberapa fungsi ac mobil.
 
Fungsi AC (Air Conditioner)
Jadi dapat kita simpulkan bahwa ac memiliki 4 fungsi yang akan meningkatkan kenyamanan ketika berkendara yaitu :
  1. Mengontrol temperatur
  2. Mengontrol sirkulasi udara
  3. Mengontrol kelembaban
  4. Memurnikan udara (Purification)
Hampir semua kendaraan keluaran terbaru saat ini sudah terdapat air conditionernya, bahkan mobil mobil lama pun sudah dimodifikasi dan ditambah sistem ac ini. AC memang sangat dibutuhkan terutama di indonesia yang memiliki iklim tropis yang pada umumnya ketika siang hari udara terasa panas, sehingga akan mengurangin kenyamanan ketika berkendara.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »