Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil

5:37 AM
Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil - Pada kesempatan yang lalu sudah share mengenai prinsip kerja ac mobil, dan pada kesempatan ini kami ingin berbagi mengenai dasar kerja ac mobil. Antara keduanya baik prinsip maupun dasar kerja dari ac mobil, sebenarnya hampir sama. Tetapi itu tidak masalah, yang penting bisa menambah pengetahuan kita tentang ac mobil. Beberapa waktu yang lalu sudah dibahas tentang komponen ac mobil, yaitu terdiri dari kompresor, kondensor, receiver, katup ekspansi dan evaporator.

Oke kita mulai dari sini, yang perlu diperhatikan adalah karena ini hanya dasar kerja ac mobil saja, dan bukan cara kerja maka penjabaran atau penjelasannya hanya akan dibagi menjadi 4 tahap/bagian. Adapun dasar kerja air conditioner mobil yang dibagi menjadi empat tahap, dapat anda lihat dan pahami pada gambar di bawah ini.
Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil
Dasar Kerja AC (Air Conditioner) Mobil
 
Pada gambar dasar kerja ac diatas, dapat dijelaskan bahwa sisi bagian sebelah kiri adalah kondisi dimana refrigerant/freon memiliki tekanan yang rendah, dan sedangkan sisi bagian sebelah kanan merupakan kondisi refrigerant memiliki tekanan yang tinggi. Penjelasan singkat dari dasar kerja sebuah sistem ac mobil, kurang lebih seperti ini :

Berikut ini adalah dasar kerja air conditioner ac mobil

1. Tahap pertama (di Kompresor)
Pada tahap pertama/awal ini kompressor akan menghisap refrigerant yang berbentuk gas bertekanan dan bersuhu rendah dari evaporator dan menekannya/mengkompresinya hingga dapat bersirkulasi ke seluruh sistem sirkulasi ac mobil, karena refrigerant/freon ini memperoleh tekanan dari kompresor ac membua tekanan serta suhu refrigerant/freon yang berwujud gas ini akan meningkat.S

2. Tahap kedua (di Kondensor)
Setelah tahap pertama di kompresor, dilanjutkan ke tahap dua yang berada di kondensor ac mobil. Pada tahap ini gas yang sudah ditekan oleh kompresor yang membuat tekanan dan suhu meningkat akan dialirkan menuju kondensor ac mobil. Namanya saja kondensor pasti tugasnya adalah untuk mengkondensasikan refrigerant yang berbentuk gas tadi dengan cara mendinginkannya, sehingga  akan mengalami perubahan wujud dari gas menjadi cair. Untuk membantu mendinginkan ini biasanya di depan kondensor terdapat kipas dan juga memanfaatkan angin ketika kendaraan berjalan, hampir mirip dengan radiator.

3. Tahap ketiga (di Katup Expansi)
Setelah tahap ke dua selesai dilanjutka tahap ketiga yang berada di expansion valve. Pada tahap ke tiga ini, freon/refrigerant yang telah mengalami kondensasi dan berubah dari gas menjadi cair akan mengalir menuju komponen ac selanjutnya, yaitu katup ekpansi. Katup ekspansi atau expansion valve ini akan menyemburkan cairan refrigerant hingga berubah dalam bentuk uap refrigerant dan tekanan refrigerant tersebut akan turun. Mengapa tekanan refrigerant perlu diturunkan? jawabannya adalah supaya proses penguapan dan penyerapan panas di dalam evaporator lebih mudah, cepat dan maksimal. Bisa baca lebih lanjut di prinsip kerja ac mobil.

4. Tahap keempat (Evaporator)
Kalau sudah selesai tahap ketiga, selanjutnya refrigerant akan menuju ke tahap yang ke-empat. Pada tahap terakhir ini refrigerant yang berbentuk uap dan bertekanan rendan akan menuju evaporator ac mobil. Layaknya kondensor, evaporator juga berbentuk sirip-sirip, hanya saja kalau evaporator ini berfungsi untuk menyerap panas dari udara di sekelilingnya, panas ini akan diserap juga oleh refrigerant. Karena refrigerant menyerap panas dari udara yang berhembus tersebut maka penguapan akan terjadi, dan refrigerant akan berubah wujud dari uap jenuh menjadi gas. Udara yang dihembuskan oleh blower dan telah diserap panasnya oleh refrigerant akan keluar dari saluran keluar udara dingin pada ac mobil dengan suhu yang dingin atau sejuk.

Itu sedikit penjelasan tentang dasar kerja air conditioner, lain kali kita membahas tentang cara kerja air conditioner pada mobil. Tunggu saja di blog ini.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »