Cara Kerja Kopling Magnet pada Kompresor AC Mobil

1:01 PM
Bisaotomotif.com - Cara Kerja Kopling Magnet pada Kompresor AC Mobil - Ac mobil tidak selalu bekerja pada saat mesin sudah hidup, walaupun mesin hidup ac tetap bisa kita matikan. Dan cara menghentikan kerja ac ini adalah dengan menggunakan kopling magnet. Bila ac dihidupkan maka kopling magnet atau magnetic clutch ini akan berfungsi dan juga sebaliknya. Terus, bagaimana kerjanay? Masih bingung ya? Berikut ini kami jelaskan mengenai cara kerja kopling magnet pada kompresor ac mobil.

Kopling magnet atau magnetic clutch terletak pada poros kompresor ac mobil. Magnetic clutch ini berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran engine ke kompresor. Komponen-komponen utama dari kopling magnet antara lain : stator, puli, rotor dan plat penekan. Untuk kontruksi dari komponen ac yang satu ini, dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Berikut ini merupakan kontruksi dari kopling magnet (magnetic clutch) :

Kontruksi kopling magnet (magnetic clutch)
Kontruksi kopling magnet (magnetic clutch)

Keterangan gambar kontruksi kopling magnet :

Dari gambar diatas sudah diberi arah panah dan disertai nomor. Nomor diatas menunjukan komponen-komponen pada koping magnet. Dan berikut ini merupakan keterangan dari gambar kontruksi kopling magnet diatas.
 
1. Switch/saklar
2. Plat penekan/Pressure Plate
3. Roda Pulley
4. Poros Kompresor (compressor shaft)
5. Gulungan magnet listrik (kumparan)
6. Kompresor
7. Pegas plat pengembali
8. Baterai/Aki mobil

Apabila saklar (1) ac dihidupkan ke posisi "on", maka arus yang berasal dari baterai ini akan mengalir ke gulungan magnet listrik atau kumparan, sehingga pada kumparan tersebut timbul medan magnet (kemagnetan), sehingga akan menarik plat penekan (2) sehingga berhubungan dengan roda pulley kompresor (3). Akibatnya plat penekan ikut berputar dengan pulley, demikian poros kompresornya akan ikut berputar bersama dengan pulley. Pulley poros kompresor berputar bersamaan dengan putaran mesin, putaran ini disalurkan ke pulley kompresor oleh v-belt.

Pada waktu ac dimatikan, maka kumparan atau gulungan magnet listrik ini sudah tidak dialiri arus lagi, dan sehingga otomatis kemagnetan akan hilang (tidak terjadi kemagnetan), akibatnya pegas plat pengembali akan menarik plat penekan sehingga poros kompresor tidak berputar, dan hanya pulley kompresor saja yang berputar.

Rangkaian kopling magnet (magnetic clutch) 

Berikut rangkaian kopling magnet yang terdiri dari relay, thermostat, kopling maghnet dan lain sebagainya.
Rangkaian Kopling Magnet
Rangkaian Kopling Magnet

Biasanya kopling magnet dan motor kipas kondensor dirangkai secara pararel, jadi ketika ac dihidupkan otomatis kopling magnet dan motor kipas kondensor akan berfungsi secara bersamaan. Anda dapat melihat diagram rangkaian dari kopling magnet dan motor kipas kondensor pada gambar diatas. Cara kerjanya dapat anda baca di postingan diatas tadi.

Apabila kopling magnet pada kompresor ac mobil ini tidak bekerja, maka akan mengakibatkan AC mobil tidak dingin ini karena sama saja kompresor tidak bekerja dan freon pun tidak dapat bersirkulasi.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »

5 comments

Write comments
February 22, 2015 at 2:14 PM delete

Hanya uji coba saja coment di artikel cara kerja kopling magnet pada kompresor ac..

Reply
avatar
July 24, 2015 at 1:07 PM delete

Setelah kopling magnit bekerja putaran pulley berat sekali, sehingga memutuskan v - belt( sering), bagaimana mengatasinya, makasih

Reply
avatar
July 24, 2015 at 8:36 PM delete

Mungkin ada masalah pada kompresor acnya, bisa juga karena oli kompresor tidak mencukupi.. Setahu saya itu,. makasih.

Reply
avatar
January 20, 2016 at 8:09 AM delete

lihat ukuran v-beltnya. sesuai atau tidak.

Reply
avatar
January 20, 2016 at 8:11 AM delete

coba lihat ukuran v-beltnya. stndar atau tidak.. brngkli kekecilan

Reply
avatar