7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi

7:32 PM
7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi - Sebagian besar kecelakaan yang terjadi di Indonesia ini disebabkan oleh pengemudi yang mengantuk, dalam kondisi mengantuk biasanya seorang pengemudi akan sulit untuk berkonsentrasi. Apalagi kalau kantuknya sudah berada di level berat, duh duh. Memang sangat bahaya sekali mengemudi dalam kondisi mengantuk, selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan penumpang yang lain. untuk itu bagi anda yang suka mengemudi, usahakan jangan sampai mengantuk. 

Bila terpaksanya mengantuk, lebih baik istirahat terlebih dahulu. Baru kemudian dilanjutkan perjalanannya, dengan begitu anda sudah dapat berkonsentrasi lagi. Ada beberapa cara untuk menghindari mengantuk saat mengemudi, seperti istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan, minum kopi, makan cemilan saat mengemudi dan lain sebagainya. 

Berdasarkan data statistik pada tahun 2013 saja sudah terdapat 71 kasus kecelakaan yang diakibatkan oleh pengemudi yang mengantuk, 71 kasus ini hanya terjadi di Jakarta bukan di seluruh Indonesia. Tentu 71 bukan jumlah yang sedikit, dan itu merupakan suatu peringatan kepada kita agar tetap berhati-hati dalam mengemudi, terutama pada saat kita mengantuk.

Ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri atau tanda-tanda apabila kita sudah mengantuk, bila kita mengalami 7 tanda ini sebaiknya kita berhenti di rest area untuk beristirahat sejenak. Tujuannya agar rasa kantuknya hilang, dan dapat lebih fokus dan berkonsentrasi ketika mengemudi. Apa sajakah tanda-tandan mengantuk ketika mengemudi? Berikut ini kami sebutkan :
  • Bola mata berwarna merah.
  • Kelopak mata sering berkedip atau terasa berat
  • Melamun, sulit fokus
  • Menguap berulang kali atau menggosok/mengucek mata
  • Merasa gelisah dan mudah tersinggung
  • Pada jalan yang lurus arah mobil tidak lurus kadang ke salah satu sisi
  • Sering lupa atau terlewat ketika harus berbelok
Nah, bila anda sudah mengalami tanda-tanda seperti diatas, sebaiknya jangan memaksakan untuk tetap mengemudi. Lebih baik hentikan kendaraan di rest area atau tempat beristirahat. Dan cobalah untuk tidur disana, 15 menit saya kira sudah cukup. Setelah tidur, anda bisa minum kopi atau vitamin agar tubuh kembali vit dan tidak mengantuk lagi.  

Anda bisa jug dengan cara gokil seperti yang dilakukan oleh Mr. Bean, lihat gambar dibawah ini. Itupun jika anda mempunyai 4 batang korek api, he he. Dijamin kalau anda melakukan seperti ini, anda akan tetap mengantuk tetapi tidak bisa memjamkan mata.

7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi
7 Tanda Anda Sudah Mengantuk Ketika Mengemudi
Kalau anda akan melakukan perjalanan jauh sekali, sebaiknya juga ajak teman atau saudara anda yang mempunyai keahlian dalam mengemudi. Sehingga ketika anda sudah lelah dan mengantuk, dapat digantikan oleh teman atau saudara anda. Dan gunakan kesempatan ini untuk istirahat. Jika teman anda sudah lelah, bisa anda gantikan posisinya sebagai pengemudi. Dan begitu seterusnya sampai ke tujuan yang akan dicapai. Dengan cara ini anda tidak perlu berhenti untuk beristirahat dalam waktu yang lama.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »