6 Penyebab Utama Rem Mobil Blong Yang Perlu Anda Ketahui

1:42 AM
6 Penyebab Utama Rem Mobil Blong -  Rem merupakan salah satu sistem pada mobil dan motor yang sangat penting, mengingat fungsinya yang sangat vital, maka rem perlu dilakukan perawatan berkala. Tanpa adanya perawatan maka akan membuat rem cepat rusak, salah satu akibat bila rem jarang dirawat adalam rem blong. Rem blong merupakakan kondisi di mana rem mobil/motor kita tidak berfungsi sama sekali.

Rem blong ini sudah menjadi salah satu penyumbang kecelakaan terbesar di Indonesia. Rem blog biasa terjadi pada mobil, truk atau bus. Sedangkan pada motor jarang sekali terjadi rem blog yang menyebabkan kecelakaan. Lalu bagaimana caranya agar kita terhindar dari rem mobil blong? Yaitu dengan mengetahu penyebab-penyebabnya, kemudian kita berusaha antisipasinya agar penyebab rem mobil blong tidak terjadi. Berikut bisaotomotif.com sebutkan beberapa penyebab rem mobil blong.

1. Minyak rem kurang (habis) - penyebab rem mobil blong

Penyebab rem mobil blongg yang pertama adalah minyak rem atau oli rem yang kuantitasnya kurang atau bahkan habis. Dengan kuantitas minyak rem yang kurang tentu akan membuat rem tidak dapat bekerja maksimal, karena proses penerusan tenaga dilakukan oleh minyak rem ini. Jika minyak rem habis rem akan blong karena minyak rem ini tidak mampu meneruskan tekanan dari pedal. Kalau kurangnya masih sedikit sepertinya tidak masalah, asalkan jumlahnya masih mencukupi untuk meneruskan tekanan sampai ke piston pada whheel cylinder (pada rem tromol) atau pada caliper (jenis cakram) untuk menekan kampas.

Kalau berkurangnya minyak rem dalam waktu yang singkat, bisa disebabkan oleh kebocoran sistem, dan ini harus segera diperbaiki agar lebih aman dan hati anda pun nyaman ketika mengendarai mobil.

Untuk mencegah rem mobil blong anda harus memeriksa kuantitas minyak rem secara rutin, bisa satu bulan sekali atau dua minggu sekali. Bila kurang bisa anda tambah sampai garis full, bila tidak punya minyak rem bisa membelinya di bengkel mobil atau toko sparepart. Harganya juga murah, tidak sampai 30 ribu untuk kualitas standar.

2. Kanvas rem aus - penyebab rem mobil blong

Kanvas rem yang sudah aus bisa membuat rem kurang pakem, bila ausnya sudah parah bisa menyebabkan rem tidak pakem sekali (rem blong). Kanvas rem aus sudah biasa kalau aus, yang tidak biasa adalah membiarkannya dipakai walaupun sudah aus. Untuk itu bila dirasa sudah aus, lebih baik diganti. Biasanya rem yang aus akan menimbulkan bunyi, karena pada model tertentu dilengkapi dengan plat indikator keausan yang akan berbunyi cit cit ketika kampas sudah aus. Selengkapnya bisa baca di artikel berikut ini : Penyebab rem mobil bunyi
6 Penyebab Rem Mobil Blong Yang Perlu Anda Ketahui
6 Penyebab Rem Mobil Blong Yang Perlu Anda Ketahui

3. Piston rem rusak - penyebab rem mobil blong

Piston rem yang sudah rusak juga dapat menjadi salah satu penyebab rem mobil blong. Piston yang sudah aus akan membuat tidak mampu lagi meneruskan tekanan hidraulis dari pedal untuk menekan kanvas sehingga tidak terjadi pengereman. Piston rem yang rusak seperti aus, berkarat sehingga macet, dll.
 

4. Selang minyak rem tersumbat dan minyak rem kotor - penyebab rem mobil blong

Penyebab rem blong yang ke empat adalah tersumbatnya aliran minyak rem pada selang-selang system rem. Bila ini terjadi maka akan membuat terganggunya kinerja sistem rem pada mobil. Bila tersumbatnya sampai minyak rem tidak bisa mengalir maka rem benar-benar tidak berfungsi atau blong. Tersumbatnya aliran ini bisa disebabkan oleh terlalu banyak kotoran yang terkandung pada minyak rem, kemudian minyak rem yang terlalu kotor dapat disebabkan oleh masuknya kotoran melalui tangki cadangan
, entah anda lupa menutupnya atau ada hal lain. Kotoran pada minyak rem juga disebabkan oleh buruknya kualitas minyak rem, minyak rem yang tidak berkualitas akan menghasilkan endapan, endapan ini dapat dihasilkan dari zat warna yang ada pada minyak rem. Makanya minyak rem yang baik adalah yang bening (tidak berwarna), tetapi harganya sedikit lebih mahal. 
 

5. Seal piston master silinder sobek, rusak, dan aus - penyebab rem mobil blong

Penyebab rem mobil blong yang selanjutnya adalah sel piston master silinder yang sobek, rusak atau aus, kerusakan ini biasanya terjadi karena faktor usia dan kualias minyak rem yang kurang baik. Semakin buruk kualitas minyak rem maka seal ini semakin cepat rusaknya. Maka dari itu jagalah kualitas dari minyak rem, sehingga komponen system rem akan lebih terjaga dan awet.
 

6. Vapour lock - penyebab rem mobil blog

Kita menuju penyebab rem mobil blong yang ke-enam atau terakhir yaitu vapour lock. Definisi dari vapour lock ini adalah menguapnya minyak rem yang disebabkan oleh pengaruh suhu (terlalu panas), sehingga menyebabkan minyak rem mendidih dan timbulnya gelembung-gelembung udara (uap) di dalam sistem rem. Yang mana membuat rem kurang/tidak pakem lagi. Ada beberapa penyebab vapour lock ini, seperti suhu yang terlalu panas akibat pengereman dan kualitas minyak rem yang buruk.

Cara pencegahan yang paling baik adalah dengan selalu rutin menservis rem mobil anda, terutama pemeriksaan kampas, penggantian kampas, minyak rem dan komponen-komponen lainnya. Diharapkan dengan ini rem blong tidak terjadi.

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
June 11, 2017 at 11:24 AM delete

Bagaimana dg kecelakaan yg direncanakan?
Maksudnya adalah remobil yg tiba2 tdk berfungsi, padahal kanfas masih sgt bagus, bahkan minyaknya pun masih banyak

Reply
avatar
June 11, 2017 at 11:27 AM delete

Bagaimana dg keadaan mobil yg bagus, kanfasnya masih sgt bagus, minyak remnya pun masih sgt banyak,tp tiba2 sj remnya blog pd saat dlm perjalanan pulang,
Kira2 apa penyebabnya?

Reply
avatar
August 6, 2017 at 4:11 PM delete

Bisa disebabkan master silindernya mas yang rusak, atau kalau ngga terjadi kebocoran sistem..

Reply
avatar
August 6, 2017 at 4:12 PM delete

Masternya kan juga bisa mas..

Reply
avatar