5 Peralatan Darurat Yang Harus Ada di Mobil

5:22 PM
5 Peralatan Darurat Yang Harus Ada di Mobil - Sebagai pemilik mobil sudah semestinya melengkapi mobil dengan peralatan-peralatan darurat, peralatan ini sangat berguna apabila mobil yang kita kendarai mengalami masalah darurat, seperti ban bocor, kebakaran, macet dan lain sebagainya. Kondisi darurat pada mobil, selalu tidak direncanakan maka dari itu kita harus mengantisipasinya. Caranya adalah dengan membawa peralatan-peralatan yang dibutuhkan pada saat terjadi keadaan darurat. Tentu peralatan tersebut akan berguna apabila kita tahu cara penggunaanya, tanpa mengetahui cara menggunakannya maka sia-sia saja kita membawa peralatan tersebut. So, mulai sekarang cobalah belajar mengenai bagaimana caranya menggunakan peralatan darurat tersebut, dari mulai melepas roda sampai memasangnnya kembali, dan lain sebagainya.

Lalu apa sajaah peralatan darurat tersebut? Berikut ini 4 peralatan darurat yang harus ada di mobil :

1. Kunci roda dan dongkrak
Masalah ban  sangat rentan terjadi pada semua jenis mobil, yang paling sering mengalami ban meletus/bocor adalah kendaraan-kendaraan besar seperti truk, container dan lain sebagainya. Tetapi bukan berarti  mobil-mobil yang dikhusukan untuk mobil penumpang, tidak boleh membawa peralatan ini. Justru sangat perlu membawa peralatan ini, mengingat sagat besar kemungkinan terjadi masalah pada mobil yang seperti ini. 

Kunci Roda - Peralatan yang harus ada di mobil
Kunci Roda - Peralatan yang harus ada di mobil


Kunci roda dang dongkrak merupakan peralatan utama untuk melepas/mengganti ban/roda mobil yang terjadi masalah dengan ban cadangan. Penggantian ini dilakukan apabila terjadi masalah darurat seperti ban bocor, ban meletus dan lain sebagainya. Jadi, kunci roda dan dongkrak merupakan alat yang sangat vital dan harus ada di mobil anda.

Kemudian tips bila akan berjalan jauh, jangan lupa sebelum berangkat periksa ban cadangan terebih dahulu, dari mulai tekanan ban, sampai dengan kondisi fisik dari ban cadangan tersebut. Karena bila ban cadangan tidak memaski persyaratan maka sama saja kita membawa peralatan roda dan dongkrak. Jadi, pastikan ban cadangan anda dalam kondisi yang baik.


2. Alat pemadam api
Alat yang perlu ada di mobil anda yang kedua adalah alat pemadam api. Sesuai dengan namanya alat ini berguna apabila terjadi kebakaran pada mobil anda, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kebarakan seperti konsleting atau sebab-sebab lainnya. So, anda harus lebih berhati-hati dan waspada, serta lengkapi mobil anda dengan alat pemadam api ini. Agar tidak memakan tempat di mobil anda, gunakan alat pemadam api yang kecil / sedang saja, tidak perlu yang besar-besar karena hanya digunakan untuk antisipasi saja.

3. Obeng, tang dan kunci inggris
Ketiga alat ini sangat fungsional dan serbaguna, karena dapat digunakan untuk apa saja. Tentu ini sangat bermanfaat apabila terjadi permasalahan-permasalahan ringan pada mobil anda.

4. Kunci busi
Banyak kasus mobil macet disebabkan oleh busi yang mati, dan pastinya busi yang mati lebih dari dua. Karena kalau hanya satu yang mati, mobil masih bisa berjalan. Maka dari itu untuk berjaga-jaga, kita siapkan kunci busi beserta busi cadangan, agar bila terjadi busi mati kita dapat melakukan penggantian tanpa perlu ke bengkel. Ciri yang dirasakan ketika busi mati, adalah mesin brebet, pincang dan akselerasi kurang jos.

5. Senter
Senter akan berguna untuk mencari barang-barang tertentu, di sudut-sudut yang tidak terjangkau lampu kabin. Tapi saya yakin, bahwa senter untuk sekarang ini tidak diperlukan lagi, karena pasti semua pengemudi sudah memiliki handphone yang serbaguna, salah satu fungsinya adalah untuk menerangi layaknya sebuah senter.

Kesimpulannya, semakin lengkap peralatan di mobil anda, maka anda akan semakin terbantu dengan adanya peralatan tersebut. #bisaotomotif.com

Share this

Seorang blogger yang ganteng, baik hati dan tidak sombong. Menjadi penulis di website bisaotomotif.com portal berita informasi otomotif mobil dan motor terbaru dan terlengkap. Kerja terus pantang mundur.

Related Posts

Previous
Next Post »